Filsafat, Teori Pendidikan,Desain Kurikulum Teori Belajar
Macam Teori Pendidikan
Keterangan:1. Pribadi: menjadi tauladan.2. Interaksional: menyiapkan warga negara yang baik.3. Teknologi: mengembangkan lulusan yang kompeten dan profesional.
Filosofi Teori Pendidikan Kurikulum Teori Belajar Perenialisme Pendidikan klasik Subject matter Kognitif Esensialisme Pendidikan teknologi Kompetensi behavioristik Progressivisme Pendidikan personal Humanistik Humanistik Rekonstruktionisme Pendidikan interaksional Rekonstruksi sosial Konstruktivistik
Filsafat dan Teori Pendidikan
1. Filosofi dapat diartikan sebagai teori umum dari pendidikan dan filsafat bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja untuk tujuan dan metode sekolah (Philosophy may… be defined as the general theory of education, and thath business of philosophy is to provide (the framework) for the aims and methods of schools”. (Dewey)
2. Filsafat membantu menjawab tujuan sekolah, topik apa saja yang berharga, bagaimana siswa belajar, dan metode serta bahan apa yang akan digunakan. (It helps them answer that are the school’s purpose what subjects are of value, how students learn, and what methods and materials to use)
Aliran Filsafat Pendidikan
· Perenialisme
a. Dasar filsafat : realisme
b. Tujuan pembelajaran : mendidikan anak rasional, intelektual
c. Pengetahuan : pengetahuan permanen
d. Peran guru : membantu siswa berpikir rasional
e. Metode pembelajaran : ekspositorisa. Dasar filsafat : idealisme dan realisme· Esensialisme
b. Tujuan pembelajaran : anak berkembang intelektualnya dan kompeten
c. Pengetahuan : keterampilan essensial dan pengetahuan dasar
d. Peran guru : otorita
e. Metode pembelajaran : tradisiona
· Progressivisme (kemajuan)
a. Dasar filsafat : pragmatisme
b. Tujuan pembelajaran : anak hidup demokratis
c. Pengetahuan : pengetahuan hidup demokratis
d. Peran guru : pembimbing
e. Metode pembelajaran : pemecahan masalah (problem solving)· Rekonstruktionisme (pembenahan)
a. Dasar filsafat : pragmatisme
b. Tujuan pembelajaran : rekonstruksi masyarakat
c. Pengetahuan : pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan masyarakat saat ini
d. Peran guru : agen perubahan, pembenahan
e. Metode pembelajaran : pemecahan masalah (problem solving)
Komentar
Posting Komentar