Filsafat, Teori Pendidikan,
Desain Kurikulum Teori Belajar


Macam Teori Pendidikan





Keterangan:
1.       Pribadi: menjadi tauladan.
2.       Interaksional: menyiapkan warga negara yang baik.
3.       Teknologi: mengembangkan lulusan yang kompeten dan profesional.

Filosofi
Teori Pendidikan
Kurikulum
Teori Belajar
Perenialisme
Pendidikan klasik
Subject matter
Kognitif
Esensialisme
Pendidikan teknologi
Kompetensi
behavioristik
Progressivisme
Pendidikan personal
Humanistik
Humanistik
Rekonstruktionisme
Pendidikan interaksional
Rekonstruksi sosial
Konstruktivistik

Filsafat dan Teori Pendidikan

1.       Filosofi dapat diartikan sebagai teori umum dari pendidikan dan filsafat bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja untuk tujuan dan metode sekolah (Philosophy may… be defined as the general theory of education, and thath business of philosophy is to provide (the framework) for the aims and methods of schools. (Dewey)

2.       Filsafat membantu menjawab tujuan sekolah, topik apa saja yang berharga, bagaimana siswa belajar, dan metode serta bahan apa yang akan digunakan. (It helps them answer that are the schools purpose what subjects are of value, how students learn, and what methods and materials to use)

Aliran Filsafat Pendidikan

·         Perenialisme
a. Dasar filsafat : realisme
b. Tujuan pembelajaran : mendidikan anak rasional, intelektual
c. Pengetahuan : pengetahuan permanen
d. Peran guru : membantu siswa berpikir rasional
e. Metode pembelajaran : ekspositoris
·         Esensialisme
 a. Dasar filsafat : idealisme dan realisme
b. Tujuan pembelajaran : anak berkembang intelektualnya dan kompeten
c. Pengetahuan        : keterampilan essensial dan pengetahuan dasar
d. Peran guru            : otorita
e. Metode pembelajaran : tradisiona
·         Progressivisme (kemajuan)
a. Dasar filsafat          : pragmatisme
b. Tujuan pembelajaran : anak hidup demokratis
c. Pengetahuan          : pengetahuan hidup demokratis
d. Peran guru              : pembimbing
e. Metode pembelajaran : pemecahan masalah (problem solving)
·         Rekonstruktionisme (pembenahan)
a. Dasar filsafat            : pragmatisme
b. Tujuan pembelajaran : rekonstruksi masyarakat
c. Pengetahuan          : pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan masyarakat saat ini
d. Peran guru          : agen perubahan, pembenahan
e. Metode pembelajaran : pemecahan masalah (problem solving)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERNYATA FILM SENDIRI JUGA ADA PERATURANYA YAA!